Sunday, October 25, 2009

Blogger Sitemap Generator

Sitemap katanya seperti daftar isi bagi sebuah blog (cmiiw) yang tentunya berfungsi untuk memudahkan pencarian. Singkatnya, sitemap ini akan mempermudah kerja mesin pencari seperti Google, Yahoo dan lain-lain di dalam sebuah blog. Artinya, search engine tersebut tentu tidak menyukai blog yang tidak memiliki sitemap, sehingga akan lolos dari daftar pencarian ketika seseorang memasukkan kata kunci. Isitilah katroknya, gak seo friendly :)

Untuk blog berbasis blogger termasuk yang custom domain, default url yang masuk dalam Sitemap ternyata hanya 26 saja. Tentu ini sungguh merugikan. Untuk itu perlu dibuat sitemap yang bisa menampung lebih banyak lagi. Untuk itu sudah ada Blogger Sitemap Generator yang akan men-generate Sitemap untuk Google, Yahoo dan Bing.

1. Masuk ke situs Digital Inspiration dan masukkan alamat blog pada form yang tersedia. Setelah itu Click button Create Blogger Sitemap. Nanti akan muncul halaman seperti di bawah ini:


2. Untuk Google, pilih salah satu dan masukkan secara manual lewat Webmaster Tools (Silahkan buka Webmaster Account jika belum punya). Sedang untuk Yahoo dan Bing tinggal klik link yang ada. Selesai.

Jika ada yang kurang jelas, bisa dilihat di situs asalnya di Submit blogger sitemap to google.